ANALISIS VALUABLE,RARE,IMITATE, TO COST DAN ORGANIZED (VRIO)

Hii to all my best friend, welcome to my personal blog, udah lama banget aku ga nulis blog karena bingung banget mau naro atau nulis apa huhu , oiya buat yang suka baca blog aku makasi yaa semoga yang aku tulis dan aku upload di blog ini bermanfaat buat kalian semua, btw gimana hari hari kalian di masa pandemic covid-19 ini, tentunya banyak cerita dong? Pasti banyak banget cerita, buat kalian yang baca blog aku boleh loh kalo kalian mau berbagi cerita sama aku hehe, boleh ke my Instagram di @aprizkyaaptr hehe. Oke guys sekarang aku mau ngebahas tentang “ Analisis VRIO” ada yang tau ga siii apa itu VRIO? Oke aku mulai tulis beberapa pemahaman yang aku tau yaa,, jangan lupa dibaca sampai akhirr, semoga bermanfaat.

 

Apa itu analisis VRIO?

Analisis VRIO adalah sebuah alat yang digunakan untuk menganilisis sumber daya internal perusahaan dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sebuah keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Barney dan Clark(2007) dalam sebuah bukunya “ Resourse-Based Theory: Creating and Sustaining Competitive Advantage”. VRIO ini singkatan dari Valuable, Rare, Imitate, to Cost dan Organized ini dapat digunakan untuk melihat sebuah perbandingan kompratif mengenai sebuah kekuatan dan kelemahan kondisi internal dalam sebuah perusahaan.

Barney dan Clark (2007) mengidentifikasikan empat buah atribut bahwa sebuah sumber daya perusahaan yang harus dimiliki untuk menjadi sumber keunggilan kompetitif yang berkelanjutan. Menurut Barney dan Clark, sumber daya berharga (Valuable),langka (Rare), tidak mudah ditiru ( Imperfecly immitable) dan non subtitusi ( non substitution). Kerangka aslinya di sebut dengan Vrin. Barney sudah memperkenalkan sebuah kerangka VRIO, yang merupakan sebuah model peningkatan VRIN. Analisis VRIO merupakan sebuah singkatan empat pertanyaan yang menanyakan apakah sebuah sumber daya adalah Valuable,Rare,Imitate, to Cost dan Organized dan apakah perusahaan tersebut terorganisir untuk mengelola nilai dari sumber daya?. Ketika sebuah sumber daya dan kemampuan perusahaan dapat memenuhi 4 hal tersebut maka akan membawa sebuah keuntungan kompetitif bagi sebuah perusahaan.

Keunggulan Analisis VRIO secara umum

Selain itu analisis VRIO mempunyai keunggulan secara umum seperti

·     -Membuat suatu perusahaan dapat merebut dan mempertahankan posisinya sebagai market leader.

·    -Dapat mendukung sebuah kesuksesan suatu perusahaan dalam jangka waktu yang lama karena sifatnya keunggulan kompetitif dan tidak mudah untuk ditiru

·      -Merupakan salah satu cara untuk mengelola suatu bisnis UKM agar terjalin sukses

·    -Dapat meningkatkan sebuah kinerja perusahaan dengan menempatkan sebuah strategi generic ke dalam pabrik

·     - Dapat menciptakan sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Implementasi Analisis VRIO dalam bisnis

 

UMKM Thrift Shop merupakan salah satu UMKM yang banyak pesaingnya di saat pandemic covid-19 ini banyak individu yang membuka usaha dengan cara Thrift shop untuk menambah sebuah penghasilan yang didapatkan. Ide usaha ini yang akan dilakukan untuk mengembangkan usaha di masa pandemic ini. Dari banyaknya Thrift shop yang ada di sekitar Kota Serang banten dan Jabodetabek. @secondbrand.ra salah satu thrift shop yang sudah mulai ada sekitar 7 bulan lalu yang masih berjalan hingga saat ini. Dengan adanya usaha saat pandemic ini banyak orang yang berusaha untuk membuka thrift shop ini dan menjualnya secara saing melalui online atau offline, banyak yang melakukan dan menjualnya secara offline dan tidak sedikit juga yang melakukan untuk mempromosikan usahanya melalui online seperti menjualnya melewati  live Instagram atau live di aplikasi tiktok yang sudah bisa mempromosikan usahanya melewati aplikasi tersebut. Problem ketika menjalankan sebuah usaha ini adalah semakin kesini banyak daya pesaing yang cukup tinggi yang menyebabkan banyak customer yang beralih untuk mengambil barang, dengan adanya problem tersebut bisa mencari solusi untuk membuat daya tarik toko yang cukup menarik agar pelanggan baik secara online atau offline kembali menggambil barang di usaha tersebut.

 

Oke friend mungkin cukup sekian materi kali ini atau sebuah informasi yang bisa aku sampein di dalam blog aku ini, semoga kalian membaca blog aku dan dapet sedikit pemahaman yaa hehehe, aku juga masih belajar ni buat nulis blog biar rajin heheheh biar kalian sebagai pembaca seneng baca blog aku. Semoga kalian yang membaca blog aku tetep dalam lindungan tuhan dan selalu menjaga kesehatannya. Oiya buat siapapun yang membacanya aku seneng banget kalo kalian suka dengan apa yang aku tulis. Semoga bermanfaat!! See u di tulisan tulisan aku selanjutnya. Have a nice day!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentation, Targeting, Positioning

Prototype dan Minimum Variable Product