ARTIKEL STRATEGI PEMASARAN

 

KEWIRAUSAHAAN

 

ARTIKEL STRATEGI  PEMASARAN

Tujuan Strategi Pemasaran

Secara umum, setidaknya ada 4 tujuan strategi pemasaran, diantaranya adalah:

·         Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran

·         Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan

·         Sebagai dasar logis dalam mengambil keputusan pemasaran

·         Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran

 

Teknik Strategi Pemasaran

Teknik pemasaran merupakan suatu metode untuk mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dengan strategi-strategi yang terbaik untuk memperoleh keuntungan. Dengan adanya teknik ini diharapkan dapat membuat konsumen lebih tertarik.

Sederhananya, teknik pemasaran adalah segala sesuatu yang Anda lakukan untuk membawa bisnis atau meningkatkan visibilitas dan reputasi perusahaan Anda

Terdapat 10 cara untuk melakukan teknik pemasaran.  Hal tersebut bertujuan agar proses pemasaran tidak dilakukan dengan cara biasa, sehingga dapat meningkatkan potensi penjualan. Berikut ini adalah beberapa tekniknya:

1. Melakukan Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan salah satu teknik pemasaran dengan cara mengelompokan pasar sesuai dengan jenis kelamin, usia, dan wilayah agar dapat membuat promosi menjadi tepat sasaran. Pemasaran yang dilakukan disesuaikan dengan pengelompokan pasar yang telah dilakukan.

Hal yang lumrah bagi para pelaku bisnis dalam melakukan segmentasi pasar. Sebagaimana sebuah strategi dalam teknik permainan, segmentasi pasar pun dilakukan untuk menciptakan produk menjadi pemenang dalam kompetisi bisnis dan juga bisa menguasai pangsa pasar.

 

 

 

 

2. Perencanaan Produk

Bagian dari teknik pemasaran selanjutnya adalah melakukan perencanaan produk. Hal tersebut meliputi detail produk yang terperinci, pemberian merek produk, pengemasan, serta persediaan produk. Dalam hal ini juga meliputi ikatan emosional antara penjual dan pembeli sehingga memungkinkan pembeli untuk membeli produk tersebut.

Melakukan pengenalan suatu produk dapat dilakukan dengan cara diferensiasi produk atau perencanaan produk yang berbeda dari produk lainnya. Hal tersebut bisa berupa pengemasan yang lebih menarik atau juga pelayanan terbaik dalam menerima keluhan

3. Penetapan Harga yang Sesuai

Hal yang cukup krusial dalam langkah teknik pemasaran adalah penetapan harga produk. Harga disesuaikan dengan kualitas produk dan pasaran kompetitor.

Harga yang murah memang diminati oleh konsumen, namun, konsumen juga akan mempertimbangkan kualitasnya. Dengan demikian, jangan ragu menetapkan harga yang mahal selama kualitasnya terjamin.

Untuk lebih jelasnya, contohnya adalah harga sebuah mobil Ferari sangat mahal, bahkan termasuk kategori mobil mewah tapi pembeli berani membeli dengan harga tersebut karena kualitas dan juga sebuah gengsi serta kebanggaan tersendiri.

Begitu juga dengan penetapan harga yang dilakukan terhadap produk yang dihasilkan. Harga yang mahal bukan berarti akan kehilangan konsumen.

4. Pendistribusian

Langkah selanjutnya yaitu Pendistribusian. Melakukan distribusi bisa menjalin kemitraan dengan para agen dan distributor agar produk sampai ke tangan konsumen akhir.

Dalam proses pendistribusian tersebut pastikan juga jumlah produk disesuaikan dengan wilayah. Wilayah yang memiliki permintaan produk yang tinggi hendaknya mendapatkan kuantitas barang yang banyak.

Setelah produk dihasilkan, maka tentunya akan banyak permintaan terhadap produk tersebut. Dengan demikian, melakukan Pendistribusian akan memenuhi kebutuhan konsumen terhadap permintaan produk tersebut dan tidak ada lagi ketimpangan pemenuhan kebutuhan konsumen.

5. Promosi

Hal yang menjadi inti dalam sebuah pemasaran adalah promosi. Promosi dimaksudkan agar produk yang dihasilkan lebih banyak dikenali oleh banyak orang. Dengan demikian, bisnis akan dengan mudah untuk mendapatkan calon konsumen baru. Semakin banyak melakukan promosi, potensi untuk meningkatkan penjualan semakin tinggi.

Promosi bisa dilakukan di semua media, baik media online atau konvensional guna mendapatkan peluang untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah banyak.

Dengan demikian, kesempatan untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar. Khususnya pada saat ini, dimana peluang untuk melakukan promosi tersedia di berbagai media.

6. Penggunaan Sosial Media

Sama seperti melakukan promosi, mengoptimalkan sosial media pun berfungsi agar produk tersebut mudah dikenali oleh banyak orang. Terlebih pada saat ini, terdapat bisnis afiliasimenjadi dropshipper, dan banyak jenis bisnis lainnya dengan memanfaatkan sosial media. Semua itu bisa memaksimalkan potensi penjualan.

Keberadaan sosial media saat ini sangatlah penting untuk melakukan promosi. Media yang dapat menghubungkan banyak orang di dunia ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar melalui memperbesar peluang untuk mendapatkan konsumen.

7. Promosi Melalui Mulut ke Mulut

Word of mouth (WOM), cukup efektif untuk pemasaran. Bahkan dari dulu, promosi model ini merupakan promosi yang paling efisien dan mudah untuk dilakukan agar produk tersebut mudah dikenali oleh banyak orang. Untuk menciptakan WOM tersebut harus memiliki Products Branding.

Di Indonesia sendiri, promosi melalui mulut ke mulut sudah menjadi tradisi dan indikator bahwa pemasaran pada suatu bisnis yang sukses. Oleh sebab itu, pastikan Anda memperhatikan pentingnya untuk menciptakan produk yang berkualitas atau imej yang baik terhadap produk tersebut. Pasalnya secara tidak langsung, konsumen pun akan bertindak sebagai promotor. 

Baca juga: Analisis Usaha: Pengertian, Cara, dan Tujuannya dalam Pengembangan Usaha

8. Penciptaan Product Branding

Sebagaimana poin sebelumnya, product branding dapat menciptakan WOM. Oleh sebab itu, sebagai bagian dari teknik untuk pemasaran produk, penciptaan product branding ini sangatlah penting untuk dilakukan sehingga dapat membuat WOM yang baik di masyarakat luas.

Product Branding adalah membuat sebuah produk memiliki nilai jual yang tinggi dengan penciptaan imej yang baik terhadap produk tersebut. Seperti kita bahas sebelumnya pada kasus mobil Ferari, walaupun harganya mahal namun memiliki segmen pasar yang cukup baik.

Berangkat dari hal tersebut maka akan muncul WOM di masyarakat. Dengan demikian, hal tersebut merupakan bagian dari promosi atau marketing secara tidak langsung.

9. Pemberian Insentif Sebagai Media Promosi

Ada kalanya dalam pemasaran membutuhkan jasa pihak ketiga, baik reseller, distributor, promotor.  Pihak-pihak tersebut harus diberikan insentif karena telah berhasil memperluas jaringan penjualan. Dengan demikian, promosi yang dilakukan akan lebih efektif.

Insentif bisa saja diberikan pada konsumen yang membeli produk dalam jumlah banyak. Hal tersebut tentunya akan membuat konsumen merasa senang dan dihargai. Dengan demikian, akan terjalin ikatan emosional antara konsumen dan penjual. Apabila ikatan emosional sudah terjalin maka akan sulit bagi konsumen untuk berpindah ke produk competitor.

10. Memberikan Potongan Harga atau Diskon

Sebagai bagian dari pemasaran pun sebaiknya untuk memberikan potongan harga atau diskon pada konsumen agar bisa meningkat menjadi pelanggan tetap. Hal ini merupakan strategi untuk membuat konsumen melakukan pembelian berulang (repeat order). 

Memiliki banyak pelanggan tentunya sebuah keuntungan, karena itu berarti bisnis yang dibangun akan semakin berkembang berkat adanya pelanggan yang loyal tersebut. Oleh sebab itu, memberikan potongan harga pada pelanggan yang loyal merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap pelanggan tersebut.

Kesimpulan

Guna mengembangkan bisnis, pentingnya untuk melakukan teknik pemasaran agar dapat membuat konsumen tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang dihasilkan. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk mengetahui lebih banyak mengenai pengertian dan langkah-langkah yang dilakukan.

Setelah mengetahui lebih lengkap tentang teknik sebuah pemasaran produk, serta langkah-langkah yang harus ditempuh. Maka langkah selanjutnya, adalah mempraktikkan hal tersebut untuk mengikat pelanggan dan mendapatkan konsumen yang baru agar penjualan semakin berkembang.

Prinsip Strategi Pemasaran

Terdapat empat kunci sukses dalam sales dan marketing (penjualan dan pemasaran). Empat kunci tersebut meliputi:



1.                  Spesialisasi – Anda harus memiliki spesialisasi pada konsumen tertentu, atau daerah pasar tertentu. Harus jelas bagi Anda dan siapa saja yang berbisnis dengan Anda, bahwasannya hal ini merupakan area spesialisasi Anda.

2.                  Diferensiasi – Untuk menjadi sukses dalam bisnis, Anda harus memiliki keunggulan kompetitif, daerah superioritas yang membuat Anda berbeda dan lebih baik daripada pesaing Anda. Keuntungan kompetitif anda harus menjadi sesuatu yang diinginkan serta dibutuhkan oleh pelanggan Anda dan yang terpenting mereka bersedia untuk membayarnya. Hal ini sering disebut Anda "penawaran nilai." Penawaran nilai adalah hal yang membuat Anda menjadi  "pemasok tunggal" bagi pelanggan Anda, yang telah Anda pilih untuk dilayani. Kadang-kadang diferensiasi ini disebut juga "area of excellence" Anda. Akhirnya, dalam diferensiasi, Anda memerlukan "Unique Selling Proposition" (Penawaran penjualan yang unik). PEnawaran penjualan yang unik adalah sesuatu yang Anda lakukan atau tawarkan dan tidak ada orang lain di dunia dapat menawarkan hal yang sama kepada pelanggan Anda. Seperti Jack Welch dari General Electric berkata, "Jika Anda tidak memiliki keunggulan kompetitif, Anda tidak dapat bersaing." Kemampuan Anda untuk mengembangkan keunggulan kompetitif, penawaran penjualan yang unik, merupakan kunci keberhasilan dalam bisnis Anda.

3.                  Segmentasi - adalah proses mengidentifikasi pelanggan ideal Anda, pelanggan yang akan sangat menghargai produk atau jasa yang Anda spesialisasikan, dan juga cara produk atau jasa Anda menjadi lebih unggul disbanding yang lain.

4.                  Konsentrasi - mengharuskan Anda memusatkan semua upaya penjualan, pemasaran dan bisnis Anda pada usaha menghubungi dan menjual pada para pelanggan yang tepat. Dimana pelamggan yang tepat adalah pelanggan yang paling bisa mengambil keuntungan dan kenikmatan dari produk / jasa yang Anda siapkan dan sajikan lebih baik daripada orang lain

 

Kegiatan Strategi Pemasaran

 Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.

Perencenaan Strategi Pemasaran.

Perencanaan pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran.

Istilah marketing plan mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis. Ini karena keahlian dalam menyusun rencana marketing sangat menetukan keberhasilan tujuan bisnis, yaitu mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

 

Perusahaan yang dapat membuat perencanaan pemasaran yang baik dan strategis dapat mencapai keuntungan dengan cara yang efektif dan efisien. Yang termasuk marketing plan dalam bisnis di antaranya seperti pengumpulan informasi, penyebarluasan informasi, strategi promosi dan koordinasi pemasaran. Semua komponen tersebut juga merupakan bentuk dari taktik perusahaan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa marketing plan merupakan bentuk perencanaan terkait bagaimana perusahaan akan melakukan pemasaran. Marketing plan secara umum berguna untuk menentukan bagaimana perusahaan dapat menempatkan strategi marketing secara nyata dalam praktik di pasar.

Subjek utama dalam marketing plan adalah sumber daya manusia (SDM) perusahaan. Ini karena marketing plan berperan untuk menentukan dan memastikan bagaimana SDM perusahaan dapat menjalankan apa yang sudah direncanakan. Sehingga, untuk membentuk marketing yang efektif perlu menentukan tujuan yang jelas agar bisa menuju tujuan strategis jangka panjang perusahaan.

 

 Beberapa Iangkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu sebagai berikut:.

 1. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.

2. Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran khusus, yaitu sebagai berikut. a. Pasar individual (individual market). b. Relung pasar (niche market). c. Segmentasi pasar (market segmentation).

3. Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan

Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut.

a. Orintasi pada pelanggan (customer orientation).

b. Kualitas (qua/ity), ialah mengutamakan TQM (Total Qua/ityManagement) yaitu efektif, efisien dan tepat.

c. Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup kenyamanan, dan kenikmatan.

d. lnovasi (inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun proses.

e. Kecepatan (speed), atau Time Compression Management (TCM), yang diwujud dalam bentuk:

1) kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar;

2) memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer Response Time)

a. Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

 4. Pemilihan Strategi Pemasaran Strategi pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.

Kesimpulan

Pemasaran merupakan sekumpulan rancangan kegiatan yang berkaitan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan pengembangan, mendistribusikan, mempromosikan, serta menetapkan harga yang sesuai dari produk atau jasa untuk mencapai kepuasan pelanggan dan memperoleh keuntungan. Strategi pemasaran mencakup pengidentifikasian konsumen sasaran, menentukan peranan periklanan dan bauran promosi, menunjukkan tujuan dan besarnya anggaran promosi, memilih strategi kreatif, menentukan media, serta melaksanakan program tersebut dan mengukur efektifitasnya. Dalam strategi pemasaran pasti di dalamnya mempunyai prinsip yaitu:

Terdapat empat kunci sukses dalam sales dan marketing (penjualan dan pemasaran). Empat kunci tersebut meliputi:



  1. Spesialisasi – Anda harus memiliki spesialisasi pada konsumen tertentu, atau daerah pasar tertentu. Harus jelas bagi Anda dan siapa saja yang berbisnis dengan Anda, bahwasannya hal ini merupakan area spesialisasi Anda.

2.                  Diferensiasi – Untuk menjadi sukses dalam bisnis, Anda harus memiliki keunggulan kompetitif, daerah superioritas yang membuat Anda berbeda dan lebih baik daripada pesaing Anda. Keuntungan kompetitif anda harus menjadi sesuatu yang diinginkan serta dibutuhkan oleh pelanggan Anda dan yang terpenting mereka bersedia untuk membayarnya. Hal ini sering disebut Anda "penawaran nilai." Penawaran nilai adalah hal yang membuat Anda menjadi  "pemasok tunggal" bagi pelanggan Anda, yang telah Anda pilih untuk dilayani. Kadang-kadang diferensiasi ini disebut juga "area of excellence" Anda. Akhirnya, dalam diferensiasi, Anda memerlukan "Unique Selling Proposition" (Penawaran penjualan yang unik). PEnawaran penjualan yang unik adalah sesuatu yang Anda lakukan atau tawarkan dan tidak ada orang lain di dunia dapat menawarkan hal yang sama kepada pelanggan Anda. Seperti Jack Welch dari General Electric berkata, "Jika Anda tidak memiliki keunggulan kompetitif, Anda tidak dapat bersaing." Kemampuan Anda untuk mengembangkan keunggulan kompetitif, penawaran penjualan yang unik, merupakan kunci keberhasilan dalam bisnis Anda.

3.                  Segmentasi - adalah proses mengidentifikasi pelanggan ideal Anda, pelanggan yang akan sangat menghargai produk atau jasa yang Anda spesialisasikan, dan juga cara produk atau jasa Anda menjadi lebih unggul disbanding yang lain.

4.                  Konsentrasi - mengharuskan Anda memusatkan semua upaya penjualan, pemasaran dan bisnis Anda pada usaha menghubungi dan menjual pada para pelanggan yang tepat. Dimana pelamggan yang tepat adalah pelanggan yang paling bisa mengambil keuntungan dan kenikmatan dari produk / jasa yang Anda siapkan dan sajikan lebih baik daripada orang lain.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentation, Targeting, Positioning

Prototype dan Minimum Variable Product

ANALISIS VALUABLE,RARE,IMITATE, TO COST DAN ORGANIZED (VRIO)