DIGITAL MARKETING
DIGITAL
MARKETING
Digital Marketing
adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital
atau internet. Tujuan digital
marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara
cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat
sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan
pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.
Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang
menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya,
Pengertian Digital
Marketing Menurut Para Ahli
Tentunya para ahli dalam digital marketing memiliki
definisi masing-masing. Adapun pengertian DM menurut para ahli adalah sebagai
berikut.
1. Ridwan
Sanjaya & Josua Tarigan (2009)
Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang
menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords,
dan berbagai macam jaringan media sosial.
2.
Kleindl dan Burrow (2005)
Digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan
pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Secara sederhana
dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling
menguntungkan antara konsumen dan produsen.
3.
Heidrick & Struggles (2009)
Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk
melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi
memiliki efek yang sangat berpengaruh.
Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik
pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses
melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14),
adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online
channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang
memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk
mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen. Sedangkan, menurut Urban
(2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi
komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional.
Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan
selalu beradaptasi.
STRATEGI
DIGITAL MARKETING
1. Search Engine
Optimization (SEO)
SEO
adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas
dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami
bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan
indografis.
2.
Content Marketing
Merencanakan,
membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik
pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten
ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial,
artikel, e-book, indografis serta brosur online.
3.
Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi
Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas
seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye.
Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan
media sosial.
4.
Pay-Per-Klik (PPC)
PPC
adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan
bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan
slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya.
Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.
5.
Native Advertising
Bentuk
konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan
konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti
bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di
Instagram dan Facebook.
6.
Affiliate Marketing
Anda
bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan
merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting
video ads dengan Youtube.
7.
Sosial Media Marketing
Anda
mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti
Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana
untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja
dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga
manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media
sosial, seperti formal atau semi formal.
MANFAAT
DIGITAL MARKETING
1.
Menjangkau pasar secara online
internet saat ini tengah menjadi andalan bagi para konsumen untuk
menemukan produk yang dicari. Dengan banyaknya pengguna internet tentu memberi
kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk kepada publik.
Internet memungkinkan bisnis kamu dapat terhubung dengan konsumen secara cepat
dan luas.
Sebagian besar konsumen
kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari.
Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kamu miliki, besar kemungkinan
mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya
ketimbang harus datang ke tempat yang berpotensi membuatnya menjadi ragu.
2. Mudah menemukan
konsumen sesuai dengan target yang direncanakan
Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah
mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan
begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau
memberikan pelayanan jasa kepada publik.
Dengan digital
marketing pula kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung
sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan
membuang waktu lebih banyak. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan
pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien.
3. Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis
Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan
yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan
sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu,
bisnis yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi
yang setara dengan perusahaan ternama.
4. Meningkatkan profit bisnis yang dijalankan
Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini
adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan
dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan ketika
bisnis yang kamu jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan
digital marketing membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen.
Tentu saja, itu akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika
dibandingkan pemasaran offline.
5.
Memudahkan dalam melakukan evaluasi
Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis kamu dapat terhubung
oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan
dengan bisnis lainnya, tentu saja kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan
pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begini juga bisa melihat kekuatan
dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya.
Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, strategi pemasaran yang
seperti apa dan lain sebagainya.
6.
Membuat bisnis terlihat lebih profesional
Di era digital seperti
sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap
sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau
konsumen, melainkan bisnismu seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup
baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat penting
untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional.
KEUNGGULAN DIGITAL
MARKETING
1. Kecepatan Penyebaran
Strategi pemasaran dengan
menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam
hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.
2.
Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan
pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda
ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi
penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui
informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana
iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode
berikutnya.
3.
Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan berikutnya yaitu
jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke
seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.
4.
Murah dan Efektif
Dibandingkan dengan pemasaran
tradisional, tentu saja digital
marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang
dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing
Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil
akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.
5. Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu
Anda membangun nama brand dengan
baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan
melakukan pencarian online sebelum
membeli produk Anda.
KESIMPULAN
Kesimpulan
yang didapat dari melakukan analisis Digital Marketing ini adalah penerapan
Digital Marketing yang benar pada sebuah website dapat meningkatkan pengunjung
website sehingga secara otomatis membuat website yang dibuat lebih dikenal oleh
masyarakat. Berbeda dengan website yang tidak menggunakan Digital Marketing
biasanya hanya memiliki pengunjung yang sedikit dibandingkan menggunakan
Digital Marketing. Adapun kesimpulan yang ada untuk menjawab rumusan masalah
yaitu:
1.
Digital marketing dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti SMO dan SEO yang
bertujuan sama yaitu mempopulerkan sebuah website ataupun instansi tertentu,
sehingga website ataupun instansi tertentu dapat lebih dikenal oleh masyarakat
luas khususnya pengguna internet.
2.
Dalam memaksimalkan SEO dapat dilakukan dengan menggunakan toolstools pembuatan
website yang SEO friendly seperti wordpress dan adapun cara lain adalah dengan
melakukan promosi pada website lain seperti menaruhkan link website yang dibuat
pada forum ataupun memasukkan link website yang dibuat pada artikel-artikel
website yang lain, dan hal ini harus dilakukan secara berkesinambungan sehingga
banyak orang akan mengunjungi website yang dibuat hal ini akan menaikkan rating
website yang dibuat pada search engine. Dalam memaksimalkan SMO adalah dapat
menggunakan beberapa sosial media seperti Facebook atau pun Twitter yang harus
dilakukan disini adalah memperbanyak friend pada page yang dibuat dan
menaruhkan linklink website yang dibuat pada wall ataupun melakukan posting
pada friend, dengan aturan bahwa setiap friend yang ada pada friend kita
memiliki jaringan yang lain Kedua hal ini tidak dapat dilakukan dalam tempo
waktu yang singkat tetapi harus dilakukan secara berulang-ulang dan harus
memiliki relasi yang baik pada sosial media.
Komentar
Posting Komentar