DIGITAL MARKETING

DIGITAL MARKETING

 

Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya,

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Tentunya para ahli dalam digital marketing memiliki definisi masing-masing. Adapun pengertian DM menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blogwebsitee-mailadwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

2. Kleindl dan Burrow (2005)

Digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

3. Heidrick & Struggles (2009)

Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen. Sedangkan, menurut Urban (2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional. Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan selalu beradaptasi.

 

STRATEGI DIGITAL MARKETING

 

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti websiteblogs dan indografis.

2. Content Marketing

Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.

 

3. Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan  media sosial.

4. Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.

5. Native Advertising

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

6. Affiliate Marketing

Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.

7. Sosial Media Marketing

Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.


MANFAAT DIGITAL MARKETING

1. Menjangkau pasar secara online

 

internet saat ini tengah menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan produk yang dicari. Dengan banyaknya pengguna internet tentu memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk kepada publik. Internet memungkinkan bisnis kamu dapat terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas.

Sebagian besar konsumen kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari. Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kamu miliki, besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya ketimbang harus datang ke tempat yang berpotensi membuatnya menjadi ragu.

2. Mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan

Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik.

Dengan digital marketing pula kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien.

 

 

3. Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis

 

Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama.

4. Meningkatkan profit bisnis yang dijalankan

Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan ketika bisnis yang kamu jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan digital marketing membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Tentu saja, itu akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan pemasaran offline.

5. Memudahkan dalam melakukan evaluasi

Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis kamu dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begini juga bisa melihat kekuatan dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya. Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, strategi pemasaran yang seperti apa dan lain sebagainya.

6. Membuat bisnis terlihat lebih profesional

Di era digital seperti sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau konsumen, melainkan bisnismu seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional.


KEUNGGULAN DIGITAL MARKETING

1. Kecepatan Penyebaran

Strategi  pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

3. Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4. Murah dan Efektif

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

 

5. Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

KESIMPULAN

Kesimpulan yang didapat dari melakukan analisis Digital Marketing ini adalah penerapan Digital Marketing yang benar pada sebuah website dapat meningkatkan pengunjung website sehingga secara otomatis membuat website yang dibuat lebih dikenal oleh masyarakat. Berbeda dengan website yang tidak menggunakan Digital Marketing biasanya hanya memiliki pengunjung yang sedikit dibandingkan menggunakan Digital Marketing. Adapun kesimpulan yang ada untuk menjawab rumusan masalah yaitu:

1. Digital marketing dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti SMO dan SEO yang bertujuan sama yaitu mempopulerkan sebuah website ataupun instansi tertentu, sehingga website ataupun instansi tertentu dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas khususnya pengguna internet.

2. Dalam memaksimalkan SEO dapat dilakukan dengan menggunakan toolstools pembuatan website yang SEO friendly seperti wordpress dan adapun cara lain adalah dengan melakukan promosi pada website lain seperti menaruhkan link website yang dibuat pada forum ataupun memasukkan link website yang dibuat pada artikel-artikel website yang lain, dan hal ini harus dilakukan secara berkesinambungan sehingga banyak orang akan mengunjungi website yang dibuat hal ini akan menaikkan rating website yang dibuat pada search engine. Dalam memaksimalkan SMO adalah dapat menggunakan beberapa sosial media seperti Facebook atau pun Twitter yang harus dilakukan disini adalah memperbanyak friend pada page yang dibuat dan menaruhkan linklink website yang dibuat pada wall ataupun melakukan posting pada friend, dengan aturan bahwa setiap friend yang ada pada friend kita memiliki jaringan yang lain Kedua hal ini tidak dapat dilakukan dalam tempo waktu yang singkat tetapi harus dilakukan secara berulang-ulang dan harus memiliki relasi yang baik pada sosial media.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentation, Targeting, Positioning

Prototype dan Minimum Variable Product

ANALISIS VALUABLE,RARE,IMITATE, TO COST DAN ORGANIZED (VRIO)