MENGETAHUI TENTANG BUSINESS CANVAS (BMC) TUJUAN DAN KEGUNAAN BUSINESS BESERTA CONTOHNYA
Model bisnis adalah suatu model
yang menjelaskan dan menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan dapat bergerak dan
berkembang untuk memperoleh keuntungan. Menurut ahli, sebuah model atau
gambaran suatu bisnis harus ada 3 karakteristik utama, yaitu sesuai dengan
tujuan perusahaan, tangguh dan handal, dan mampu memperkuat model itu sendiri.
Bisnis model canvas merupakan sebuah tool dalam
strategi manajemen untuk menterjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun
keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual.
Konsep bisnis model canvas mengandalkan gambar-gambar ide sehingga
setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil terhadap tipe-tipe konsumen
mereka, pengeluaran biaya, cara kerja perusahaan dan sebagainya
Pembuatan Business Model Canvas bertujuan
untuk membantu perusahaan merancang perencanaan proses bisnis dan menetapkan
serta memvalidasi poin penting dalam bisnis seperti; sumber daya, aktivitas,
hubungan yang akan dijalin dengan pihak terkait, pendapatan, hingga pengeluaran
yang harus dikeluarkan.
1. Customer segments ( Ibu ibu rumah
tangga,Warga sekitar lingkungan dll)
2. Value Propositions (Harga yang terjangkau,Rasa
yang tidak mengecewakan, Bisa memesan melalui go food atau menggunakan jasa antar online lainnya)
3. Chanel ( Instagram, whatsapp, atau media
sosial lainya, dan mempromosikan langsung)
4. Costomer
Relationship ( Memberikan diskon atau potongan harga makanan di hari hari
tertentu, Memberikan jasa antar tanpa menggunakan ongkos kirim, atau bahkan
memberikan bonus jika membeli lebih makanan lebih dari 3 jenis makanan)
5. Revenue Streams ( Modal yang
di peroleh dari modal sendiri dan ditambah dari ongkos kirim yang telah ada)
6. Key Resources ( Sumber daya
utama dari menjual makanan adalah sumber daya manusia,finansial dan juga bahan
baku. Sumber daya manusia nya adalah
seorang ibu yang dibantu oleh kedua anaknya, finansialnya modal yang mencukupi,
dan bahan baku dasarnya seperti ayam, cabai, bumbu bumbu soto, bandeng dll.)
7. Key Activities ( aktifitas
yang dilakukan seperti aktivitas membuat makanan dengan cara yang bersih,
memberikan pelayanan yang baik, ramah kepada pelanggan, mempertahankan rasa
makanan)
8. Key Partnerships ( Tukang
ayam,bandeng, dan cabai, serta toko toko bumbu bumbu yang dibutuhkan)
9. Cost Structure (
ongkos kirim dari penyediaan jasa online, lokasi yang jelas untuk memudahkan
jasa antar online, dan bahan baku yang dipakai bagus dan mendukung untuk rasa
makanan yang khas).
Komentar
Posting Komentar