My idea BMC

 

My idea BMC

 

A.    Executive summary idea business

Sebelum memulai bisnis yang baru harus mempunyai ide yang bagus untuk membuka bisnis apasih yang ingin dijalankan dan bagaimana mengembangkan bisnis tersebut.  Dalam membuka bisnis wajib memakai metode BMC agar membudahkan kita sebagai pembisnis untuk membuka bisnis baru karena Business model canvas adalah sebuah model bisnis yang dibuat dan dirangkai sedemikian rupa agar bisa menghasilkan satu rencana jangka panjang sekaligus melihat apa saja yang perlu dilakukan ketika ingin membangun bisnis. Dengan business model canvas pula, maka apa yang harus kita lakukan bisa terlihat. Namun tidak hanya melihat ke arah dalam saja alias ke bisnis yang mau kita buat, tetapi juga melihat ke arah luar alias kepada para pesaing dan juga pasar dari jenis bisnis yang nantinya kita bangun sehingga kita bisa mendapatkan hasil maksimal dengan cepat seiring berjalannya perjalanan bisnis,  Bisnis model canvas merupakan sebuah tool dalam strategi manajemen untuk menterjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual.

Konsep bisnis model canvas mengandalkan gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil terhadap tipe-tipe konsumen mereka, pengeluaran biaya, cara kerja perusahaan dan sebagainya

Pembuatan Business Model Canvas bertujuan untuk membantu perusahaan merancang perencanaan proses bisnis dan menetapkan serta memvalidasi poin penting dalam bisnis seperti; sumber daya, aktivitas, hubungan yang akan dijalin dengan pihak terkait, pendapatan, hingga pengeluaran yang harus dikeluarkan.

mungkin untuk ide bisnis kali ini saya ingin membuka bisnis berjualan dirumah tentang makanan yang banyak orang juga mungkin menyukai dan tidak asing dengan makanan tersebut tetapi mempunyai rasa khas yang berbeda yang jarang orang temui.  Disini saya akan membuka bisnis menjual makanan seperti Mie + ayam penyet, Ayam penyet, bandeng penyet, lele penyet yang sudah lengkap dengan paket ssayur asam dan tempe goreng, burger, soto boyolali, yang dibuka dirumah dan pembuatannya pun home made yang tidak dicampur tangan dengan lain lainnya selain rempah rempah yang sudah dipilih dengan kualitas yang bagus, pastinya banyak lika liku dalam menjalankan sebuah bisnis yang dilakukan dirumah ini tetapi saya menerapkan model bisnis BMC agar dapat memudahkan saya dalam memulai bisnis baru agar bisa menghasilan rencana dalam jangka Panjang, dan mempunyai hasil yang sangat maksimal dalam menjalankan bisnis tersebut.

 

B.     First 5 block of BMC.

 

1.      Costomer segment

Didalam costomer segment ada ada 3 type

·         Costomer jobs, Melihat pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan demi memenuhi kebutuhan konsumen kita dan apa saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Contoh dari costomer segment biasanya berdasarkan usia, generasi, gender,Pendidikan, status, atau bahkan jumlah penghasilan. Misalnya sebuah rumah makan yang menjual berbagai makanan dengan rasa khas yang berbeda.

·         Costomer gain, Melihat manfaat apa yang diharapkan dan bisa didapatkan oleh konsumen. Misalnya konsumen mengharpkan dengan harga yang murah mendapatkan rasa yang sangat berkualitas dan tidak mengecewakan lidah para konsumen yang membeli makanan tersebut dan membuat konsumen menjadi pelanggan untuk membelinya.

·         Customer Pain, Melihat sisi negatif dari pembiayaan yang tidak disukai oleh konsumen hingga risiko yang bisa didapatkan mereka. Misalnya dengan harga yang cukup mahal tetapi konsumen tidak mendaptkan rasa yang diinginkan dari makanan tersebut yang membuat konsumen kecewa dengan rasa makanan yang telah dijual karena terlalu mahal tetapi tidak mendapatkan rasa yang maksimal.

2.      Value Propositions

 • Products & Services, Melihat proporsi nilai dari produk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen dan menentukan mana yang terbaik untuk konsumen. Misalnya konsumen melihat bagaimana suatu rumah makan memproduksi makanan makananya dan menentukan rasa yang menurut konsumen dapat diterima dengan baik dan tidak mengecewakan konsumen tersebut.

·         Pain Relievers, Melihat usaha dalam membuat kerugian kepada konsumen berkurang seperti berhemat dan mengurangi risiko. Misalnya seperti tidak menggunakan bahan makanan yang mengambil resiko gede untuk rasa makanan tersebut yang membuat kerugian pada bisnis yang sedang kita jalani

·         Gain Creators, Melihat bagaimana produk dan jasa yang kita tawarkan bisa memberikan keuntungan kepada konsumen. Misalnya kita menjual produk makanan dengan rasa yang khas dan enak yang membuat kita berjualan semakin untung tiap harinya dan membuat konsumen suka dengan rasa yang telah kita buat.

 

3.      Chanel, sebagai pembisnis atau untuk memulai bisnis kita harus mempunyai chanel yang luas dan mempunyai banyak relasi agar memudahkan kita sebagai pembisnis untuk memulai usaha baru. Seperti kita mempromosikan hasil jualan yang sedang kita jual melalui sosial media contohnya kita mempromosikannya di Instagram, whatsapp, facebook atau bahkan media sosial lainnya dengan gambar makanan atau bisnis lainnya yang di unggah beserta caption yang menarik untuk menarik pelanggan dalam membeli produk bisnis yang sedang kita jalankan, dan membuat keuntungan untuk kita. Dan dalam mempromosikan nya kita harus membuat konsumen tertarik dengan jualan yang sedang kita jual dengan menaruh caption yang menarik.

4.      Costomer Relationship ( Memberikan diskon atau potongan harga makanan di hari hari tertentu, Memberikan jasa antar tanpa menggunakan ongkos kirim, atau bahkan memberikan bonus jika membeli lebih makanan lebih dari 3 jenis makanan) untuk memulainya kita memberikan potongan potongan makanan dihari tertentu agar menarik konsumen untuk membeli produk makanan yang kita produksi dan menarik pelanggan.

5.      Revenue Streams misalnya kita menjual produk makanan yang diperoleh dari modal sendiri yang sudah ditambahkan dengan keuntungan keuntungan yang di dapatkan dengan ongkos kirim yang telah ada

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentation, Targeting, Positioning

Prototype dan Minimum Variable Product

ANALISIS VALUABLE,RARE,IMITATE, TO COST DAN ORGANIZED (VRIO)